Sabtu, 11 Juni 2011

Bismillah

oleh Achmadi


Bismillah adalah sebutan dalam bahasa Arab yang digunakan untuk menyebutkan kalimat Islam bismillahi ar-ramani ar-raimi. Kalimat ini tertera dalam setiap awalan Surat di dalam Al-Qur'an, kecuali Surat At-Taubah. Juga diucapkan setiap kali seorang Muslim melakukan shalat, juga memulai aktifitas sehari-hari lainnya, dan biasanya digunakan sebagai pembuka kalimat (Mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di negara-negara Islam. Kalimat Basmallah juga pernah ditulis pada zaman Nabi Sulaiman untuk ratu Bilqis sesuai dengan informasi dalam Al Qur'an yaitu di surat 27 ayat 30.       

Dalam kehidupan sehari-hari aktifitas, Kita dianjurkan untuk menyebut nama Allah sebelum memulai sesuatu dan memohon pertolongan Allah dalam segala urusan. Sebab, Allah Maha memberikan pertolongan. Sehingga dalam mengerjakan sesuatu akan ada kebaikan dari allah,“Setiap sesuatu yang tidak diawali dengan basmalah, ia akan terputus (dari kebaikan dan berkat) (HR. Ibnu Majah). Namun dalam kenyataannya, tidak sedikit aktifitas yang dilakukan manusia di dunia ini yang tidak diawali dengan menyebut nama Allah, Akibatnya sangat fatal. Dalam keadaan demikian, setan masuk untuk menggoda sekuat-kuatnya dan menguasai nafsu. Ketika hawa nafsu sedang menggelegak, terasa seakan-akan Allah tidak melihat apa yang sedang diselewengkan manusia. Padahal, tegas dikatakan bahwa sehelai daun kering yang jatuh dari pohonnya di manapun di dunia ini, tak pernah luput dari penglihatan Allah.      

Dengan bismillah kita pun bisa bersyukur kepada Allah. Karena, dengan kasih sayangnya kita bisa hidup dan menikmati hidup. Ketika melakukan suatu kegiatan yang diawali basmalah, kita harus meyakini bahwa aktivitas tersebut terjadi karena izin Allah. Kita adalah makhluk lemah yang memerlukan bantuan Allah. Karena itu, setelah kita mengucapkan basmalah, kita pun disyaratkan untuk mengucapkan hamdalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan dan kesan untuk penulis agar tulisan akan semakin baik kedepannya....